Contoh Laporan PKM

Contoh Laporan PKM semester 4 UT




LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN


Nama               :  ................................................................
NIM                 :  ................................................................
Program Studi  :  ................................................................
UPBJJ              :  ................................................................

A.     Refleksi Komponen

1.      Apakah kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

2.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan sesuai yang diharapkan? (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sesuai dengan kemampuan awal siswa?)
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

3.      Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? (Apakah media sesuaindan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan?)
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

4.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

5.      Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................





6.      Bagainama tanggapan siswa terhadap penelolaan kelas (perlakuan saya terhadap siswa, carasaya menghadapi masalah, memotivasi siswa) yang saya lakukan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

7.      Apakah siswa dapat menangkap pemjelasan / intruksi yang saya berikan dengan baik?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

8.      Bagaimanakah tanggapan siswa terhadap latihan dan penilaian yang saya berikan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

9.      Apakah siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................


10.  Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

11.  Apakah kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang saya saya sampaikan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................













B.   Refleksi Menyeluruh

1.      Apakah rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya? (jika tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran dengan baik?)

.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

2.      Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran? Dalan hal apa saja pengusaan materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan, penggunaan metode dan teknik pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta penilaian belajar?

.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

3.      Apa saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya ke depan?

.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

4.      Apakah kekuatan saya atau hal-hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?

.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

5.      Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?

.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................







6.      Bagaimana kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan?

.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

7.      Hal-hal unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan?

.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

8.      Ketika ditanya tentang dasar dan alasan pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan, apakah saya dapat mempertanggungjawabkannya secara ilmiah dan moral?

.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................



























LAPORAN REFLEKSI




A.    PENDAHULUAN
1.    Latar belakang pembuatan laporan      ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.    Tujuan pembuatan laporan
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.    Gambaran umum isi laporan
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

B.    TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN

1.    PERTEMUAN  1

a.       Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

b.      Kelemahan tersebut terjadi karena
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

c.       Kelebihan yang saya teumukan selama porses pembelajaran adalah :
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

d.      Kekuatan tersebut terjadi karena
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

e.       Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

f.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya adalah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

g.       Dan seterusnya hingga tugas pembelajaran terakhir

C.     KESIMPULAN

1.    Secara umum kelemahan pembelajaran yang saya lakukan adalah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



2.    Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.    Secara umum kelebihan pembelajaran yang saya lakukan adalah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4.    Secara umum penyebab kelebuhan tersebut adalah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

5.    Rangkuman perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................













































Form Kelengkapan Berkas Tugas Mata Kuliah PKM PGSD

Kode Nama Mata Kuliah         :  PDGK 4209
Nama Mahaiswa                      :
UPBJJ-UT                                :
Masa Ujian                              :

No
JENIS BERKAS
Target
Kelengkapan
Jumlah yang
Dikumpulkan
Mahasiswa
1.
RP


2.
Lembar Refleksi


3.
Instrumen penilaian APKG 1


4.
Instrumen penilaian APKG 2











Way Kenanga, 31 Mei 2014



 

Mengetahui
Kepala SDN 05 Indraloka II



NI MADE ROSTALIATI,S,Pd.SD.MM
NIP.
 

 














































Kepada
Yth. Kepala UPBJJ UT. Bandar Lampung
Di Tempat



Surat Kesediaan Menjedi Teman Sejawat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                           :  Muryati
Asal dari Sekolah         :  SDN 05 Indraloka II
Alamat Sekolah                       :  Indraloka II,Kec. Way Kenanga Kab. Tulang Bawang Barat
Dengan ini menyatakan bersedia menjadi teman sejawat yang akan memeriksa dan memberi masukan terhadap rencana pembelajaran serta mengamati praktik pembelajarannya sebanyak 10 kali dalam mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar), yang akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut dibawah ini.

Nama                           : 
NIM                             :

Demikian, Surat Kesediaan Menjadi Teman Sejawat di buat untuk dapatdipergunakan sebagaimana mestinya.









................................................20
Teman Sejawat,



MURYATI,S.Pd.SD
NIP.
 
 



































Kepada
Yth. Kepala UPBJJ UT Bandar Lampung




Surat Rekomendasi Kepala Sekolah


Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : 
Kepala Sekolah                        :
Alamat Sekolah                       :

Dengan ini menyatakan bahwa teman sejawat yang bernama Muryati, S.Pd.SD dapat membantu dan melakukan pengamatan dan memberikan masukan perbaikan terhadap kemampuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran dalam kegiatan PKM mahasiswa berikut ini.

Nama                           :
NIM                             :

Demikian Surat Kesediaan ini dibuat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.










Way Kenanga,                                20
Kepala SDN 05 Indraloka II




NI MADE ROSTALIATI,S.Pd.SD.MM
(NIP.
 
 






















ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU(APKG) I
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN



1.  NAMA GURU/MAHASISWA        :  JULAIHA
2.  NIM                                                            :  823967948
3.  TEMPAT MENGAJAR                   :  SDN 05 INDRALOKA II
4.  KELAS                                           :
5.  MATA PELAJARAN                      :
6.  WAKTU                                         :  1 X 35 MENIT
7.  TANGGAL                                     :

 
 










1.      Menetukan bahan pembelajaran dan
Merumuskan tujuan                                                         1          2          3         4                   5
       1.1  Menggunakan bahan pembelajaranyang
 Sesuai dengan kurikulum (GBPP)
1.2  Merumuskan tujuan khusus.


 
                                                                                                      Rata-rata butir 1 = A


2.      Mengembangkan dan mengorganisasikan
Materi, media (alat bantu pembelajaran), dan
Sumber belajar
2.1  Mengembangkan dan mengorganisasikan materi
        Pembelajaran
2.2  Menentukan dan mengembangkan alat bantu                        
        pembelajaran
                                                                                                      Rata-rata butir 2 = B

3.      Merencanakan skenario kegiatan pembelajan
3.1  Menentukan jenis kegiatan pembelajaran
3.2  Menyusun langkah-langkah pembelajaran
3.3  Menentukan alokasi waktu pembelajaran
3.4  Menentukan cara-cara memotivasi siswa
3.5  Mempersiapkan pertanyaan


 
                                                                                                      Rata-rata butir 3 = C

4.      Merancang pengelolaan kelas
4.1  Menentukan penataaan ruang dan fasilitas belajar
4.2  Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar
        dapat berpartisipasi dalam pembelajaran
                                                                                                      Rata-rata butir 4 = D



5.      Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat
Penilaian
5.1  Menentukan prosedur dan jenis penilaian
5.2  Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban


 
                                                                                                      Rata-rata butir 5 = E

6.      Tampilan dokumen rencana pembelajaran
6.1  Kebersihan dan kerapian
6.2  Penggunaan bahasa tulis


 
                                                                                                      Rata-rata butir 6 = F











Way Kenanga,                         20
Pembimbing/ Penguji




NIP.
 

Pembimbing/ Penguji




NIP.
 

 









































ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELARAN


1.  NAMA MAHASISWA        :  JULAIHA
2.  NIM                                                :  823967948
3.  TEMPAT PKM                   :
4.  KELAS                               : 
5.  MATAPELAJARAN           :
6.  TANGGAL                         :
7.  WAKTU                             :
8.  KELOMPOK BELAJAR     :
9.  UPBJJ UT                           :
 
 













1.      Melakukan pembelajaran
a.   Melaksanakan tugas rutin kelas

b.   Memulai kegiatan pembelajaran

c.   Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan
      kemempuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan

d.   Melaksanakan kegiatan dalam urutan yang logis
      dan sistematis

e.   Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara
      individual, kelompok atau klasikal

f.   Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan
      kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan

g.   Menggunakan media belajar yang sesuai dengan
      tujuan, siswa, situasi dan lingkungan

h.   Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien

i.   Mengakhiri kegiatan pembelajaran

                                                                                                      Rata-rata butir 1 = P

2.      Mengelola interaksi kelas
a.   Menunjukkan perhatian secara sikap bersahabat,
      terbuka dan penuh pengertian kepada siswa

b.   Memicu dan memelihara keterlibatan siswa

c.   Melakukan komunikasi secaraefektif

d.   Mengembangkan hubungan antar pribadi yang
      sehat dan serasi

e.   Menghargai keragaman siswa serta membantu
      siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya

f.   Membentu menumbuhkan kepercayaan diri siswa


                                                                                                      Rata-rata butir 2 = Q



3.      Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
 pembelajaran mata pelajaran tertentu
a.   Bahasa Indonesia
1)  Mendemonstrasikan penguasaan materi
      Bahasa indonesia

2)  Memberikan latihan keterampilan berbahasa

3)  Memberikan latihan keterampilan mengapresiasi
      Sastra

4)  Mengembangkan kemampuan siswa untuk
      Berkomunikasi dan bernalar

5)  Memupuk kegemaran membaca

                                                                                          Rata-rata butir C.1 = R

 b.  Matematika
1)  Menanamkan kosep matematika melalui
      Kegiatan manipulatif

2)  Menguasai simbol-simbol matematika

3)  Memberikan latihan penggunaan konsep
      Matematikadalam kehidupan sehari-hari

                                                                                          Rata-rata butir 3.b =R

c.   IPA
1)  Medemonstrasikan pembelajaran IPA melalui
      Pengalaman langsung

2)  Meningkatkan keterlibatan siswa melalui
      Pengalaman langsung

3)  Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan
      Sehari-hari

                                                                                          Rata-rata butir 3.c = R
d.   IPS
1)  Mengembangkan  pemahaman konsep IPS
      Terpadu

2)  Mengembangkan pemahaman konsep waktu

3)  Mengembangkan pemahaman  konsep ruang

4)  Mengembangkan pemahaman konsep
      Kelangkaan (scarcity)
                                                                             
                                                                                          Rata-rata butir 4.d = R


e.   PKn
1)  Kemahiran menggunakan metode yang
      Bervariasi

2)  Kemahiran menggunakan media pembelajaran
      Pendidikan Kewarganegaraan

3)  Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
      Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

4)  Ketepatan menggunakan istilah- istilah khusus
      Dan konsep dalan Pendidikan Kewarganegaraan

5)  Penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan

6)  Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan
      dalam kehidupan sehari-hari

                                                                                          Rata-rata butir 3.e = R


4.      Melaksanakan penilaian proses dan hasil
Belajar
a.   Melaksanakan penilaian pada awal
      pembelajaran

b.   Melaksanakan penilaian selama proses
      pembelajaran

c.   Melaksanakan penilaian pada akhir
      pembelajaran

                                                                                          Rata-rata butir 4 = S

5.      Kesan umum pelaksanan pembelajaran
a.   Penguasaan substansi

b.   Peka terhadap kemampuan berbahasa

c.   Penempilan guru dalam pembelajaran

d.   Keefektifan pembelajaran

                                                                                          Rata-rata butir 5 = T












...............................................20...
Pembimbing / penguji




NIP.
 

Pembimbing / penguji




NIP.
 

 
































0 Comments for "Contoh Laporan PKM"

Back To Top