Contoh Laporan PKM semester 4 UT
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama :
................................................................
NIM :
................................................................
Program Studi : ................................................................
UPBJJ :
................................................................
A. Refleksi
Komponen
1. Apakah
kegiatan membuka pelajaran yang saya lakukan dapat mengarahkan dan
mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
2. Bagaimana
tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang saya sajikan sesuai yang
diharapkan? (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sesuai dengan
kemampuan awal siswa?)
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
3. Bagaimana
respons siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? (Apakah media
sesuaindan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan?)
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
4. Bagaimana
tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang telah saya rancang?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
5. Bagaimana
tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
6. Bagainama
tanggapan siswa terhadap penelolaan kelas (perlakuan saya terhadap siswa,
carasaya menghadapi masalah, memotivasi siswa) yang saya lakukan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
7. Apakah
siswa dapat menangkap pemjelasan / intruksi yang saya berikan dengan baik?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
8. Bagaimanakah
tanggapan siswa terhadap latihan dan penilaian yang saya berikan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
9. Apakah
siswa telah mencapai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
10. Apakah
saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
11. Apakah
kegiatan menutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman
siswa terhadap materi pelajaran yang saya saya sampaikan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
B. Refleksi Menyeluruh
1. Apakah
rencana pembelajaran yang saya susun dapat berjalan sebagaimana mestinya? (jika
tidak seluruhnya, apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pembelajaran
dengan baik?)
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
2. Apakah
kelemahan-kelemahan saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran? Dalan hal
apa saja pengusaan materi, penggunaan bahan dan media, penataan kegiatan,
penggunaan metode dan teknik pembelajaran, penataan kegiatan, pengelolaan
kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, penggunaan waktu, serta
penilaian belajar?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
3. Apa
saja penyebab kelemahan saya tersebut dan bagaimana memperbaikinya ke depan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
4. Apakah
kekuatan saya atau hal-hal baik yang telah saya capai dalam merancang dan
melaksanakan pembelajaran?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
5. Apa
penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan
melaksanakan pembelajaran?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
6. Bagaimana
kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
7. Hal-hal
unik (positif atau negatif) apa yang terjadi dalam pembelajaran yang saya lakukan?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
8. Ketika
ditanya tentang dasar dan alasan pengambilan keputusan dan tindakan mengajar
yang saya lakukan, apakah saya dapat mempertanggungjawabkannya secara ilmiah
dan moral?
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
LAPORAN REFLEKSI
A. PENDAHULUAN
1.
Latar
belakang pembuatan laporan ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Tujuan
pembuatan laporan
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Gambaran
umum isi laporan
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
B.
TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN 1
a. Kelemahan
yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b. Kelemahan
tersebut terjadi karena
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c. Kelebihan
yang saya teumukan selama porses pembelajaran adalah :
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
d. Kekuatan
tersebut terjadi karena
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
e. Hal-hal
unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
f. Dengan
memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I, rencana saya berikutnya
adalah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
g. Dan
seterusnya hingga tugas pembelajaran terakhir
C. KESIMPULAN
1. Secara
umum kelemahan pembelajaran yang saya lakukan adalah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Secara
umum penyebab kelemahan tersebut adalah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Secara
umum kelebihan pembelajaran yang saya lakukan adalah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Secara
umum penyebab kelebuhan tersebut adalah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Rangkuman
perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Form Kelengkapan
Berkas Tugas Mata Kuliah PKM PGSD
Kode Nama Mata
Kuliah : PDGK 4209
Nama Mahaiswa :
UPBJJ-UT :
Masa Ujian :
No
|
JENIS BERKAS
|
Target
|
Kelengkapan
|
Jumlah yang
Dikumpulkan
Mahasiswa
|
|||
1.
|
RP
|
|
|
2.
|
Lembar
Refleksi
|
|
|
3.
|
Instrumen
penilaian APKG 1
|
|
|
4.
|
Instrumen
penilaian APKG 2
|
|
|
|
||||
|
||||
Kepada
Yth. Kepala
UPBJJ UT. Bandar Lampung
Di Tempat
Surat
Kesediaan Menjedi Teman Sejawat
Saya yang
bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Muryati
Asal dari
Sekolah : SDN 05 Indraloka II
Alamat Sekolah : Indraloka II,Kec. Way Kenanga Kab. Tulang
Bawang Barat
Dengan ini
menyatakan bersedia menjadi teman sejawat yang akan memeriksa dan memberi
masukan terhadap rencana pembelajaran serta mengamati praktik pembelajarannya
sebanyak 10 kali dalam mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar), yang
akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut dibawah ini.
Nama :
NIM :
Demikian, Surat Kesediaan Menjadi Teman Sejawat di
buat untuk dapatdipergunakan sebagaimana mestinya.
|
Kepada
Yth. Kepala
UPBJJ UT Bandar Lampung
Surat
Rekomendasi Kepala Sekolah
Saya yang
bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
Kepala Sekolah :
Alamat Sekolah :
Dengan ini
menyatakan bahwa teman sejawat yang bernama Muryati, S.Pd.SD dapat membantu dan
melakukan pengamatan dan memberikan masukan perbaikan terhadap kemampuan dalam
merancang dan melaksanakan pembelajaran dalam kegiatan PKM mahasiswa berikut
ini.
Nama :
NIM :
Demikian Surat
Kesediaan ini dibuat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU(APKG) I
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN
|
1.
Menetukan
bahan pembelajaran dan
Merumuskan
tujuan 1 2 3 4 5
1.1 Menggunakan bahan
pembelajaranyang
Sesuai dengan kurikulum (GBPP)
1.2 Merumuskan tujuan khusus.
Rata-rata butir 1 = A
2.
Mengembangkan
dan mengorganisasikan
Materi, media (alat
bantu pembelajaran), dan
Sumber belajar
2.1
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi
Pembelajaran
2.2
Menentukan dan mengembangkan alat bantu
pembelajaran
Rata-rata
butir 2 = B
3.
Merencanakan
skenario kegiatan pembelajan
3.1
Menentukan jenis kegiatan pembelajaran
3.2 Menyusun
langkah-langkah pembelajaran
3.3
Menentukan alokasi waktu pembelajaran
3.4
Menentukan cara-cara memotivasi siswa
3.5
Mempersiapkan pertanyaan
Rata-rata
butir 3 = C
4.
Merancang
pengelolaan kelas
4.1 Menentukan
penataaan ruang dan fasilitas belajar
4.2
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar
dapat berpartisipasi dalam pembelajaran
Rata-rata
butir 4 = D
5.
Merencanakan
prosedur, jenis, dan menyiapkan alat
Penilaian
5.1 Menentukan
prosedur dan jenis penilaian
5.2
Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
Rata-rata
butir 5 = E
6.
Tampilan
dokumen rencana pembelajaran
6.1
Kebersihan dan kerapian
6.2 Penggunaan
bahasa tulis
Rata-rata
butir 6 = F
|
|||||
|
|||||
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELARAN
|
1.
Melakukan
pembelajaran
a. Melaksanakan
tugas rutin kelas
b. Memulai
kegiatan pembelajaran
c. Menggunakan
ragam kegiatan yang sesuai dengan
kemempuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan
d. Melaksanakan
kegiatan dalam urutan yang logis
dan
sistematis
e. Melaksanakan
kegiatan pembelajaran secara
individual,
kelompok atau klasikal
f. Menggunakan
sumber belajar yang sesuai dengan
kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan
g. Menggunakan
media belajar yang sesuai dengan
tujuan,
siswa, situasi dan lingkungan
h. Menggunakan
waktu pembelajaran secara efisien
i. Mengakhiri
kegiatan pembelajaran
Rata-rata
butir 1 = P
2.
Mengelola
interaksi kelas
a. Menunjukkan
perhatian secara sikap bersahabat,
terbuka dan
penuh pengertian kepada siswa
b. Memicu dan
memelihara keterlibatan siswa
c. Melakukan
komunikasi secaraefektif
d. Mengembangkan
hubungan antar pribadi yang
sehat dan
serasi
e. Menghargai
keragaman siswa serta membantu
siswa
menyadari kelebihan dan kekurangannya
f. Membentu
menumbuhkan kepercayaan diri siswa
Rata-rata
butir 2 = Q
3.
Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam
pembelajaran mata pelajaran tertentu
a. Bahasa Indonesia
1)
Mendemonstrasikan penguasaan materi
Bahasa
indonesia
2) Memberikan
latihan keterampilan berbahasa
3) Memberikan
latihan keterampilan mengapresiasi
Sastra
4) Mengembangkan
kemampuan siswa untuk
Berkomunikasi dan bernalar
5) Memupuk
kegemaran membaca
Rata-rata
butir C.1 = R
b.
Matematika
1) Menanamkan
kosep matematika melalui
Kegiatan
manipulatif
2) Menguasai simbol-simbol
matematika
3) Memberikan
latihan penggunaan konsep
Matematikadalam kehidupan sehari-hari
Rata-rata
butir 3.b =R
c. IPA
1)
Medemonstrasikan pembelajaran IPA melalui
Pengalaman
langsung
2) Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui
Pengalaman
langsung
3) Menerapkan
konsep IPA dalam kehidupan
Sehari-hari
Rata-rata
butir 3.c = R
d. IPS
1)
Mengembangkan pemahaman konsep
IPS
Terpadu
2) Mengembangkan
pemahaman konsep waktu
3) Mengembangkan
pemahaman konsep ruang
4) Mengembangkan
pemahaman konsep
Kelangkaan (scarcity)
Rata-rata
butir 4.d = R
e. PKn
1) Kemahiran
menggunakan metode yang
Bervariasi
2) Kemahiran
menggunakan media pembelajaran
Pendidikan
Kewarganegaraan
3) Meningkatkan
keterlibatan siswa dalam proses
Pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan
4) Ketepatan
menggunakan istilah- istilah khusus
Dan konsep
dalan Pendidikan Kewarganegaraan
5) Penguasaan
materi Pendidikan Kewarganegaraan
6) Menerapkan
konsep Pendidikan Kewarganegaraan
dalam
kehidupan sehari-hari
Rata-rata
butir 3.e = R
4.
Melaksanakan
penilaian proses dan hasil
Belajar
a. Melaksanakan
penilaian pada awal
pembelajaran
b. Melaksanakan
penilaian selama proses
pembelajaran
c. Melaksanakan
penilaian pada akhir
pembelajaran
Rata-rata
butir 4 = S
5.
Kesan
umum pelaksanan pembelajaran
a. Penguasaan
substansi
b. Peka terhadap
kemampuan berbahasa
c. Penempilan
guru dalam pembelajaran
d. Keefektifan
pembelajaran
Rata-rata
butir 5 = T
|
|||||
|
|||||
0 Comments for "Contoh Laporan PKM"